Hari hariku.......
Saturday, September 09, 2006
Iseng aja lagi...daripada nggak ada yg di tulis
Beberapa hari yang lalu, Elsa ngirim EMS dari Indonesia. Di dalamnya berisi "omiyage" (present) untuk gurunya Nanda di Ishima Hoikuen, Okayama. Lebih senangnya lagi, ternyata Nanda menulis surat untuk sahabat baiknya yaitu Moemi-chan (Moemi Kanazawa). Nanda menulisnya menggunakan bahasa Jepang dan huruf Hiragana. Berhubung suratnya tidak di lem, saya coba lihat...eh..ternyata susunan kalimatnya sangat baik. Saya yakin itu asli kata-katanya di susun sendiri. Kenapa saya yakin? karena mamahnya (Elsa) tidak bisa berbahasa Jepang sebaik itu. hehehehe.....

Memang ketika saya telepon ke Indonesia dan ngobrol dengan Nanda, seringkali dia masih pake bahasa Jepang. Satu yang belum berubah , Ia masih bisa berbicara bahasa jepang dengan cepat...sampe ayahnya yg sudah 6 tahun di jepang.., kadang nggak bisa ngikuti. Namun ada juga yang berubah, logat bahasa jepangnya mulai terpengaruh dengan bahasa jawa. Memang dengan pergaulannya di sekolahnya saat ini, Nanda sudah mulai berbahasa jawa juga. Kemampuannya bahasa Indonesianya juga semakin bagus, dan sudah bisa "pamer" berhitung pake bahasa Indonesia. Saat di Jepang dulu, Nanda hanya lancar berhitung pake bahasa Jepang dan bahasa Inggris. Sebaliknya, kalo di minta berhitung pake bahasa Indonesia..., dari 1 sampe 10 saja nggak bisa benar.

Membaca huruf A, B, C, D......Z, juga sudah bisa pake pengucapan Indonesia. Sebelumnya hanya bisa pronunciation dalam bahasa Inggris saja. Accordingly, Dia mulai lancar membaca buku cerita dalam bahasa Indonesia. Kalo membaca Al-Qur`an memang tidak ada masalah sejak masih tinggal di Jepang. Perkembangannya saat ini, hafalan suarat2 pendek bertambah terus, dan sering di "pamerkan" juga ketika Saya telepon ke Malang.

kembali ke EMS kiriman Mamah Echa (Elsa), ada juga bumbu-bumbu khas Indonesia (asyiiikk...). Terus 1 buah CD berisi foto-foto Nanda dan Fari terkini. Eh...Fari tambah lucu aja, lidahnya sudah melet-melet, dan tetap energik. Ketika lihat foto-foto yang berlatar beberapa pepohonan, ada rasa heran saya...kenapa di daun-daun berdebu?. Elsa cerita, di saat ini sering hujan debu yang berasal dari gunung semeru. Rupanya semeru "sedikit batuk". Saya inget di komputerku telah terinstall software "google earth". Saya jalankan software tersebut untuk melihat gunung semeru melalui satelit. Dan ternyata.....memang terlihat semeru mengepulkan asap seperti di gambar di samping kiri ini.

Kemudian, sekalian saya mencoba mencari posisi Jurusan Kimia Universitas Brawijaya Malang dengan menggunakan google earth juga. Ternyata dengan mudah bisa di temukan (gambar kanan)


Rumah kami yang beralalamat di Jalan Cucak Rawun Raya 8B/14 Perumahan Sawojajar II, juga dengan mudah terlihat. Asyiiiknya............. Seingat saya, ketika akhir tahun 2005 lalu, saya belum bisa melihat dengan jelas kota Malang dengan google earth ini. Yah...google earth ini memang sangat bermanfaat ketika kita akan bepergian, karena kita bisa mengetahui lokasi-lokasi di tempat yang kita tuju. Memang sampai saat ini, beberapa kota di Indonesia bisa di lihat dengan jelas, tetapi masih belum lengkap keterangannya. Akan tetapi untuk kota-kota seperti di Amerika dan Eropah, sudah lengkap keterangan-keterangannya. Ketika akhir 2005 lalu saya pergi ke Honolulu, Hawaii, saya juga memanfaatkan google earth ini sebelum berangkat ke sana, sehingga begitu tiba di sana, saya tidak begitu kesulitan untuk mencari lokasi-lokasi yang akan saya tuju termasuk restoran-restoran yang ada di sana.

Untuk Mang Dudung atau Mang Aang, jika baca tulisan ini...ayo dong tunjukkan lokasi rumah di Jakarta atau kampus UPI di Bandung. Bisa tidak?
posted by Shinkansen @ 3:20 PM  
3 Comments:
  • At 7:01 PM, Blogger iwan said…

    Eta cara pake google earth teh kumaha nya om Sabar?

     
  • At 1:37 AM, Blogger wirenlog said…

    Google earth itu diupdate gambarnya apakah tiap minggu atau tiap hari ya...Salam

     
  • At 7:21 AM, Blogger Shinkansen said…

    Kalo google earth yang versi professional mirip TV aja, sesuai dengan kondisi di saat itu juga. kalo yang versi gratisan kayak peta aja.

     
Post a Comment
<< Home
 
About Me

Name: Shinkansen
Home: Indonesia
About Me:
See my complete profile
Previous Post
Archives
My Publications
Blog Keluarga
Powered by

BLOGGER