Hari hariku.......
Thursday, November 09, 2006
……….Sekedar Catatan Perjalanan ke China (2) …………
14-15 September 2006

Pagi-pagi jam 8.30 waktu setempat, saya menuju ruang konferensi di Gui Yuan Hotel untuk menghadiri "Asia Young Analytical Chemist Symposium 2006". Ketika registrasi, saya sedikit terkejut karena di tanda pengenal saya tertulis Dr. Akhmad Sabarudin. Padahal saya yakin betul, saat saya mendaftar 2 bulan sebelumnya di application form nya jelas-jelas saya tulis Mr. Akhmad Sabarudin. Sempat saya cek di lagi di laptopku, dan memang betul saya hanya menuliskan Mr. Tepat jam 09.00 pagi, acara di buka kemudian di lanjutkan dengan presentasi. Nah, kebetulan saya adalah pembicara kedua, dan yang lebih mengejutkan lagi chairman saat itu bilang gini " pembicara berikutnya adalah seorang professor muda dari Indonesia, Dr. Akhmad Sabarudin yang akan mempresentasikan ......................dll". Sungguh....begitu kagetnya. Saya sempat melirik ke Prof. Shoji Motomizu, supervisorku...dia terlihat senyum-senyum saja. Jadinya di awal presentasi saya sedikit memberikan comment ke chairman " terimakasih atas introductionnya, akan tetapi cukup sebut nama saya saja tanpa gelar tambahan yang belum saatnya saya terima". Di session ini nara sumbernya berasal dari beberapa negara, yaitu Jepang, China, Korea, India, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Dari Indonesia memang saya sendiri, dan itupun berangkatnya dari Jepang. Namun saya senang setidaknya karena saat perkenalan di sebutkan "dari Indonesia....". Sore harinya saya presentasi lagi , tetapi kali ini dalam bentuk poster. Disinilah saya tambah banyak teman-teman, dan malem harinya kami (yg berasal dari Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam) serius membicarakan untuk melaksanakan forum seperti ini di level ASEAN.

Pada tanggal 15 September, saya presentasi lagi di forum " China-Japan-Korea Symposium on Environmental Analytical Chemistry 2006". Kali ini ada peserta seminar yang tanya..." kemarin anda mewakili Indonesia, sekarang salah satu wakil dari Jepang....". Saya jadi senyum senyum seraya menjelaskan bahwa saya memang staff dari Brawijaya University di Indonesia, tetapi sudah 6 tahun di Okayama University, Japan untuk tugas belajar dan sesuai judul symposiumnya, maka saya harus menjadi peserta dari Jepang. hehehehe. yah...selama 2 hari dari 14-15, saya nggak bisa jalan kemana mana. Hanya dari kamar ke ruang seminar bolak balik. Oh ya..., mulai dari makan pagi, siang, dan malem....semuanya di sediakan di hotel. Lebih menyenangkan lagi, karena saya bisa mendapatkan makanan yang insyaallah terjamin halal. Ceritanya ketika saya baru datang ke hotel tanggal 13 September jam 10 malem, dan makan telah di sediakan pihak hotel di restorannya. Saat di meja makan, dengan menu yang sedemikian banyaknya, saya bilang bahwa tidak makan daging ini dan itu, dan sayur sayur atau soup yang mengandung alkohol. Eh...langsung ada yang tanya dalam bhs inggris..." apakah anda seorang muslim?". Ya..jawabku. kemudian saya disiapin makan jenis lainnya. Saya baru ingat..., di China kan banyak yang muslim juga.......

** keterangan foto:
Bawah: ki-ka : saya, Prof. Yun-Hua Gao, Prof. Shoji Motomizu, Li Qiong
Prof. Gao adalah murid dari Prof. Motomizu saat ia menempuh S-3 di Okayama University. Saya pernah 3 bulan kerja bareng dengan Prof. Gao tahun 2002 ketika ia berkunjung ke Venture Business Laboratory (VBL) of Okayama Univ. Sampai saat ini masih sering diskusi dengannya. Ia bertugas di Chinese Academy of Science, Beijing.

posted by Shinkansen @ 6:26 PM  
3 Comments:
  • At 9:29 AM, Blogger CHAIRUL RIDJAL said…

    Assalaamu'alaikum Dr. Sabar ....

    Kayaknya saya salah satu 'kakak' yang belum pernah ketemu sejak menikah sama Elsa ya ....

    Berapa kali ke rumah Ua Lilih/ Ua Isa di jakarta, saya cuma dapat kabarnya saja dari Ua kalo ada Elsa-Sabar ke Lubang Buaya ...

    Sering-sering kontak ya, e-mail saya cridjal@theprakarsa.org ( pake email kantor saja gak apa ) ....

    Wassalam,
    Ang Agus

     
  • At 11:34 AM, Blogger Herli Salim said…

    Sama dong, Mang Aang juga belum pernah 'copy darat' sama Sabar. Tapi ceritanya mah udah dapat dari Aki Ujang (ayah Mang Aang) ttg Sabar. Nah berarti hrs ada acara kumpul dong ya Lebaran 2008 keluarga Aki Ujang mo ngumpul ngariung, mudah-mudahan Keluarga Ua H. Nawawi jg pd mudik atau pd ziarah. Agus, Sabar...? Kapan ke Ciamis ?
    Salam
    HS

     
  • At 5:29 PM, Blogger Shinkansen said…

    Ang Agus, dan Mang Aang.., boleh deh nanti kita ketemuan. Mau di Ciamis, Bandung, Jakarta, atau Malang nggak masalah. Insyaallah, akhir Maret 2007 saya kembali ke Indonesia. Kalo sama Ang Agus, bisa ketemu nanti April 2007 karena saya akan banyak wira wiri Malang - Jakarta.

    Mang Aang balik ke INA tahun 2008 ya?. masih lama Mang... mudah-mudahan lebaran 2008 nanti, kita bisa berkumpul semua.

    -sb-(tanpa y)

     
Post a Comment
<< Home
 
About Me

Name: Shinkansen
Home: Indonesia
About Me:
See my complete profile
Previous Post
Archives
My Publications
Blog Keluarga
Powered by

BLOGGER