Hari hariku.......
Thursday, November 16, 2006
……….Sekedar Catatan Perjalanan ke China (3) …………

16 September 2006

Hari itu, saya berada di lokasi seminar hanya sampe siang saja. Berikutnya menuju downtown Chongqing di temani oleh Prof. Yun-Hua Gao dan Li Qiong. Tentu saja inilah saatnya belanja. Ternyata di China ada ojek juga seperti di Indonesia. Hanya motornya lebih gede dan tampaknya ada ijin khusus untuk ojek ini, mengingat plat nomor kendaraannya saja khusus. Motor yang di pakai umumnya bermerk JIALING. Saya jadi ingat bahwa Jialing ini telah masuk ke Indonesia beberapa tahun lalu. Jialing sebenarnya adalah nama sebuah sungai besar yang mengalir di Chongqing.

Chongqing merupakan daerah yang sangat banyak industri-industri berat. Tampaknya cukup wajar jika di sini kualitas udaranya kurang baik. Mirip-mirip kasus asap di Indonesia. Asap dari Chongqing ini bahkan menyebar sampe ke Jepang.

Ketika masuk ke salah satu supermarket besar, entah berapa kali pelayannya ngomong dengan saya dalam bahasa china, padahal jelas-jelas saya nggak paham, dan tentu saja hanya di respon dengan senyum aja. Prof. Gao sering menerjemahkan untuk saya, kami ngomong dalam bahasa Jepang. Maklum Prof Gao sangat mahir berbahasa Jepang, jauh lebih bagus dari bahasa Inggris yang ia kuasai. Ketika saya bayar di kasir, sempat tertahan beberapa lama dengan sebab yang sama sekali tidak saya mengerti. Abisnya...ngomongnya china terussss. Hingga akhirnya Prof. Gao datang membantu. Entah apa sebabnya sampai saat ini saya nggak mengerti, yang jelas semuanya beres setelah Prof. Gao yang mengurusi semuanya, dan saya bayar uang belanjaan ke dia. hehehehehe.........

Malem harinya saya iseng jalan sendiri dan pergi ke toko kecil, di situ saya beli permen. Tentu saja disini saya pake bahasa isyarat ketika saya harus membayar. Dan pelayannya menuliskan angka yang mesti saya bayar, sedangkan saya menyodorkan uang agar pelayan tersebut mengambil sendiri uang tersebut. Abisnya...saya nggak hapal uang china sih...(*smile)

posted by Shinkansen @ 6:58 PM  
1 Comments:
  • At 8:55 AM, Blogger Herli Salim said…

    Ya betul 2008 mang aang pulang, mudah-mudahan lancar. Sabar pulang bulan april 2007 ? Salam deh buat semua keluarga Malang. Kontak terus ya. Jagai hal ini. Sampai ketemu di Cms thn 2008. Weh... kayak ga akan ketemu lg aja... Tp masih kontak terus kan ... Ang Dudung ke mana aja nih ...

     
Post a Comment
<< Home
 
About Me

Name: Shinkansen
Home: Indonesia
About Me:
See my complete profile
Previous Post
Archives
My Publications
Blog Keluarga
Powered by

BLOGGER